Education[combine]

Accordition

Comments

Slide Show

Category 2

Category 1

Category 7

Text Widget

Popular Posts

Fashion[oneright]

Technology[oneleft]

Business[three](3)

Sticky News[hot](3)

Science[dark](3)

Contact Us

Name

Email *

Message *

Label Links

Berita (1) Buah (1) Gizi (1) Kesehatan (22) Lainnya (1) Tips (36)

Break

Random News

Page

Side Ads

Pages

Footer Ads

Connect Us

Comments

Makanlah Makanan Sumber Karbohidrat Setengah Dari Kebutuhan Energi

Makanlah Makanan Sumber Karbohidrat Setengah Dari Kebutuhan Energi Terdapat dua kelompok karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Makanan sumber karbohidrat kompleks ialah padi-padian (beras, jagung, gandum); umbi-umbian (singkong, ubi jalar, kentang); dan masakan lainnya ibarat tepung, sagu, dan pisang. Sedangkan gula sebagai karbohidrat sederhana, tidak mengandung zat gizi lain. Konsumsi gula yang berlebih sanggup mengurangi peluang terpenuhinya zat gizi lain.

Proses pencernaan dan peresapan karbohidrat kompleks di dalam badan berlangsung lebih usang dari pada karbohidrat sederhana. Sehingga dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, orang tidak segara merasa lapar. Sedangkan gula atau karbohidrat sederhana eksklusif sanggup diserap dan dipergunakan badan sebagai energi, sehinga cepat menimbulakan rasa lapar.

Berbagai penelitian menyatakan bahwa gula merupakan media yang baik bagi pertumbuhan kuman yang sanggup merusak gigi. Rusaknya gigi oleh kuman disebut keries. Makanan sumber karbohidrat kompleks merupakan sumber energi utama dlam hidangan di Indonesia, ibarat nasi, jagung, ubi atau sagu. Tetapi masakan sumber karbohidrat kompleks ini kurang memperlihatkan zat gizi lain yang diharapkan tubuh. Oleh alasannya ialah itu, masakan sumber karbohidrat ini harus dibatasi konsumsinya sekitar 50-60% dari kebutuhan energi. Dengan demikian, kekuarangan zat gizi yang lain sanggup dipenuhi dari sumber zat pembangun dan pengatur. Apabila energi yang diperoleh dari masakan sumber karbohidrat kompleks melebihi 60%, maka kebutuhan protein, vitamin dan mineral sulit dipenuhi.

Contoh:
Seorang yang terlanjur kenyang makan ubi rebus, tidak usah lagi mengkonsumsi lauk
pauk, sayur dan buah.
Tag : Gizi, Kesehatan, Tips
0 Komentar untuk "Makanlah Makanan Sumber Karbohidrat Setengah Dari Kebutuhan Energi"

Back To Top