Education[combine]

Accordition

Comments

Slide Show

Category 2

Category 1

Category 7

Text Widget

Popular Posts

Fashion[oneright]

Technology[oneleft]

Business[three](3)

Sticky News[hot](3)

Science[dark](3)

Contact Us

Name

Email *

Message *

Label Links

Berita (1) Buah (1) Gizi (1) Kesehatan (22) Lainnya (1) Tips (36)

Break

Random News

Page

Side Ads

Pages

Footer Ads

Connect Us

Comments

Makanlah Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi

Makanlah Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi  Setiap orang dianjurkan makan masakan yang cukup mengandung energi, semoga sanggup hidup dan melakukan acara sehari-hari, menyerupai bekerja, belajar, berolah raga, berekreasi, acara sosial dan acara yang lain. Kebutuhan energi sanggup dipenuhi dengan mengonsumsi masakan sumber karbohidrat, protein dan lemak. Kecukupan masukan energi bagi seseorang ditandiai oleh berat tubuh yang normal. Cara mengetahui pertumbuhan berat tubuh balita dan usia sekolah sanggup memakai KMS, sedangkan untuk mengontrol BB usia lanjut sanggup memakai KMS usila dan orang cukup umur dengan memakai Indeks Massa Tubuh (IMT) Konsumsi energi yang melebihi kecukupan akan disimpan sebagai cadangan di dalam tubuh berbentuk lemak atau jaringan lain. Apabila keadaan ini berlanjut akan menimbulkan kegemukan disertai banyak sekali gangguan kesehatan. Antara lain tekanan darah tinggi. Penyakit jantung, penyakit diabets melitus dll.

Tetapi apabila konsumsi energi kurang, maka cadangan energi dalam tubuh yang berada dalam jaringan otak/lemak akan dipakai untuk menutupi kekurangan tersebut. Apabila hal ini berlanjut, maka dpaat menurunkan daya kerja, prestasi berguru dan kreativitas. Kemudian diikuti oleh menurunnya produktivitas kerja, merosotnya prestasi berguru dan prestasi olah raga.

Konsumsi gula sebaiknya dibatasi hingga 5% dari jumlah kecukupan energi atau sekitar 3 – 4 sendok makan setiap hari. Konsumsi gula yang berlebihan akan menimbulkan konsumsi energi yang berlebih dan disimpan dalam jaringan tubuh/lemak. Apabila hal ini berlangsung usang sanggup menimbulkan kegemukan.
Kekurangan energi yang berlangsung usang pada seseorang akan menimbulkan penurunan berat tubuh dan kekurangan zat gizi lain. Penurunan berat tubuh yang berlanjut akan menimbulkan keadaan gizi kurang. Keadaan gizi kurang akan membawa akhir terhambatnya proses tumbuh kembang pada anak. Dampaknya pada dikala ia mencapai usia dewasa, tinggi badannya tidak mencapai ukuran normal dan kurang tangguh. Selain itu, ia gampang terkena penyakit infeksi.

Tag : Kesehatan, Tips
0 Komentar untuk "Makanlah Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi"

Back To Top