Education[combine]

Accordition

Comments

Slide Show

Category 2

Category 1

Category 7

Text Widget

Popular Posts

Fashion[oneright]

Technology[oneleft]

Business[three](3)

Sticky News[hot](3)

Science[dark](3)

Contact Us

Name

Email *

Message *

Label Links

Berita (1) Buah (1) Gizi (1) Kesehatan (22) Lainnya (1) Tips (36)

Break

Random News

Page

Side Ads

Pages

Footer Ads

Connect Us

Comments

Faktor Yang Mensugesti Mutu Keripik

 Mutu keripik buah yang diperoleh dipengaruhi oleh  Faktor yang Mempengaruhi Mutu Keripik

Faktor yang Mempengaruhi Mutu Keripik


Mutu keripik buah yang diperoleh dipengaruhi oleh 4 faktor utama yaitu:

Selain keadaan materi segar dan tingkat kematangannya keseragaman jenis materi akan sangat memilih mutu keripik yang dihasilkan. Pemilihan materi segar harus dilakukan dengan teliti untuk memperoleh produk simpulan yang memiliki mutu baik. Bahan dasar yang dipakai kualitasnya harus betul-betul baik sehingga keripik yang dihasilkan akan baik pula.

Urutan proses yang harus diperhatikan terutama pada waktu penggorengan dan pengemasan. Waktu menggoreng jangan hingga kurang atau melebihi batas waktu yang ditentukan. Kekurangan waktu akan menjadikan keripik menjadi
lembek, tidak renyah alasannya kadar air keripik terlalu tinggi sedangkan kelebihan waktu mengakibatkan keripik menjadi keras dan gosong.
Dalam praktek pengemasan memakai perakat listrik (plastic sealer) harus hati-hati, terlalu besar menyetel skala manyebabkan perakat terlalu panas sehingga kemasan justru menjadi sobek sedangkan penyetelan skala yang terlalu kecil menjadikan plastik tidak merekat. Kedua hal di atas menjadikan hasil kemasan tidak tertutup rapat sehingga kerenyahan keripik tidak dapat dipertahankan (keripik menjadi cepat lembek).
Proses pengolahan lain ibarat pengukusan materi (perlakuan pendahuluan) dan pengeringan juga menghipnotis mutu dari keripik yang dihasilkan.

Peralatan untuk proses yang paling memilih mutu keripik antara lain pisau pengupas/pengiris harus yang anti karat dan ganjal pengiris sebaiknya talenan kayu yang sudah rata dan higienis atau plastik. Jenis dan ketebalan plastik pengemas juga memilih mutu dan panjangnya masa simpan keripik.
Minyak penggoreng yang menghasilkan wama yang baik ialah minyak kelapa. Selain itu minyak harus dilakukan penyaringan setiap satu rninggu sekali.
(Warintek, 2012).

Tag : Tips
0 Komentar untuk "Faktor Yang Mensugesti Mutu Keripik"

Back To Top